Selasa, 10 Juni 2008

Favoritku..."SEJARAH"

Sejarah...?Apa itu sejarah?Mengapa aku sangat menyukai pelajaran sejarah?

Sejarah adalah salah satu cabang dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Pelajaran ini di dalami di tingkat SMA dan merupakan sebuah jurusan yait jurusan IPS.Sejarah mempelajari tentang asal mula sesuatu hal atau tempat dan bagaimana proses atau kegiatannya.Di SMK aku mempelajari sejarah hanya di tingkat X semester pertama.Namun saat SMP aku pernah mempelajarinya.

Aku suka pelajaran sejarah terutama tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia pada saat memperebutkan kemerdekaan Indonesia.Pada saat itu bangsa Indonesia sangat terpuruk di bawah kekuasaan penjajah.Apalagi pada saat penjajahan Belanda yang menjajah bangsa Indonesia sekitar 350 tahun.Bisa kita bayangkan bagaimana tersiksa dan menderitanya bangsa kita pada saat itu.Kelaparan, kematian terjadi dimana-mana. Harta kekayaaan dikuras habis, tenaga dipekerjakan secara paksa tanpa diberi upah. Sungguh mereka diperlakukan seperti binatang yang hanya diambil tenaga mereka saja. Tapi apa daya mereka tidak bisa berbuat apa-apa mereka hanya bisa pasrah dan berharap suatu saat akan ada yang menolong dan membebaskan mereka dari kekejaman ini.

Melihat keadaan itu ada beberapa pejuang kita yang tidak tahan dengan keadaan seperti itu. Mereka mencoba melakukan pemberontakan.Demi kemerdekaan bangsa Indonesia mereka rela mengorbankan harta dan bahkan nyawa, mereka pertaruhkan. Tidak sedikit dari mereka yang gugur dan kehilangan sanak saudara. Tapi akhirnya do'a dan harapan bangsa terjawab pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada hari itu mereka terlepas dari belenggu penjajah dan merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Dengan mempelajari sejarah diharapkan anak-anak muda sekarang sebagai penerus bangsa mampu menjaga dan mempertahankan kemerdekaan ini. Karena begitu besarnya pengorbanan yang telah diberikan para pahlawan,sehingga kita sekarang ini dapat hidup enak tentu saja kita tidak ingin kembali ke masa itu. Itulah sebab mengapa aku suka pelajaran sejarah walaupun pelajaran sejarahku kecil tapi aku suka pelajaran ini.

3 komentar:

Sendy Aditya Suryana mengatakan...

Ngapain belajar sejarah, ngebahas yang udah kelewat. yang berlalu biarlah berlalu, kita gak akan sukses jika hanya memandang pada masa lalu, yang berlalu biarlah berlalu. kita hanya bisa menunggu hari esok terjadi bukan hari kemarin berulang.
Kalo emang suka sejarah, apa kamu tau silsilah keluargamu? biasa aja lah. kalo suka jangan segala disebutin, apalagi sampe nginget2 Indonesia dijajah. tu bakal ngancurin hubungan internasional yang terjadi sekarang antara RI dan Belanda. Lagian Pejuang RI ikhlas melakukan perjuangan, dalam hati mereka hanya ingin bangsa mereka merdeka bukan kepengen dikenang di masa depan. Udah lah sejarah itu pelajaran yang bisa menumbuhkan kesedihan, ketidak percayaan, bahkan rasa dendam.

Danz mengatakan...

Logis banget tuh si Sendz, setuju wa . . .

Sendy Aditya Suryana mengatakan...

Setelah tanggal 17 Agustus kemarin seharusnya kita mengenang perjuangan para pahlawan, bukan mengenang masa-masa kita dijajah. Tak selayaknya kita mengingat kekerasan dan tindasan yang dilakukan oleh negara penjajah, tapi cobalah lihat hikmah apa yang kita dapat setelahnya.
Coba lihat apa saja yang telah mereka lakukan dengan kerja paksa? Mereka memberikan jalur transportasi seperti Jalur Kereta Api (rel), Jalanan Kota, Bangunan Pemerintahan, Bangunan Bersejarah. Bukan hanya itu, mereka juga mengenalkan hukum kepada Indonesia, memberikan pengetahuan tentang teknologi. Dan yang lebih penting adalah dengan dijajahnya Indonesia, penjajah memberikan semangat kepada bangsa Indonesia untuk membakar api semagat dalam jiwa untuk memerdekakan diri dan bangsanya.